JAMBU METE DI WATUJOLI

Lebu Katiup Angin 28 Oktober 2019 18:25:05 WIB

Desa Kalitekuk, Ngadiloka Kalialang Desa Kalitekuk yang kita kenal dengan Bukit Watujolinya ternyata menyimpan banyak potensi desa yang luar biasa. Seperti halnya padukuhan yang lain pertanian masih menjadi komoditi utama masyarakatnya khususnya tanaman pangan dan palawija, akan tetapi berbeda dengan kesuburan tanahnya, disamping tanaman pangan dan palawija, di sisi selatan padukuhan Kalialang ini menyimpan potensi tanaman perkebunan yang luar biasa, khususnya tanaman jambu mete. 

Berawal dari penggalian gagasan dan melihat potensi masyarakat setempat, kemudian Pemerintah Desa Kalitekuk berkeinginan meningkatkan kwalitas hasil dari potensi jambu mete tersebut. Hari ini 28 Oktober 2019 diadakanlah Pelatihan yang bertema jambu mete, dikemas dalam Pelatihan Pemanfaatan dan Pengolahan Jambu Mete dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul agar lebih memotifasi masyarakat Ngadiloka untuk lebih mengembangkan lagi baik dari segi proses panen maupun pasca panen, termasuk manajemen pemasaran hasil untuk beralih kepada penjualan yang lebih menguntungkan bagi petani. Ibu Sustiwiningsih, STP...Kasi Pengolahan Hasil Pertanian; Bp. Joko Triyono, SP ..Analis Pengolahan Hasil Pertanian; dan Supramono, Staf Seksi PPHP hadir memberikan semangat dan motifasi untuk itu semua, Sebagai narasumber beliau bertiga  mampu memberikan kesan positif bagi warga,

Materi yang disampaikan adalah bagaimana cara mengupas mete glondhong yang baik agar mempunyai nilai jual yang bagus karena kwalitas metenya. Analisa sederhana saja mete glondong yang dijual Rp15.000,00 /kg apabila dijual dalam bentuk kacang mete bijian yang mencapai Rp130.000/kg dengan membutuhkan 4kg mete glondong (4x15.000=60.000), sebuah perbandingan yang nyata karena petani sebenarnya mampu meraih angka jual dua kali lipat setelah dikupas. 

Disamping itu pelatihan pada hari ini juga disajikan bagaimana mengolah jambu metenya agar tidak terbuang percuma, padahal banyak manfaat dari buah jambu mete bisa didapat karena pada dasarnya buah jambu mete ini memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi. Salah satunya adalah dikemas dalam bentuk masakan abon jambu mete, 

Semoga kedepan mampu mengkaji lebih dalam lagi, untuk memperbaiki sumber daya manusia khususnya petani, dan mampu memberikan kesejahteraan untuk hidup yang lebih baik. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Kalitekuk

tampilkan dalam peta lebih besar